PEREKONOMIAN INDONESIA

Tak ada salahnya bila berkomentar bahwa perekonomian indonesia saat ini sedang dalam masa yang baik dari beberapa tahun sebelumnya, contohnya pada tahun 2009 lalu ada beberapa berita yang mengatakan bahwa indonesia sedang mengalami kemajuan. Berikut ini beberapa berita positif tentang perekonomian Indonesia, yang justru banyak ditulis oleh media asing :
• Pada tanggal 1 Desember 2009, Majalah Forbes (USA) menuliskan bahwa angka pengangguran Indonesia pada bulan Agustus 2009, adalah yang terendah dalam 9 tahun terakhir, yaitu 7.87%. Padahal angka pengangguran di Amerika capai 10.2 %, tertinggi dalam 25 tahun. Eropa juga sedang alami peningkatan pengangguran sampai angka 9.8%, tertinggi dalam 11 tahun.
• RTT newswires (USA) meliput bahwa angka inflasi tahunan Indonesia s/d November 2009, berada di angka 2,41 %, inflasi terendah sejak tahun 2000.
• Kantor berita Xinhua (China) memberitakan, bahwa devisa Indonesia di bulan Oktober 2009 memecahkan rekor di angka US $ 64 Milyard. Di bulan November 2009, malah mencapai US $ 66 Milyard.

Pada tahun 2010 sendiri ada berita mengenai kemajuan perekonomian Indonesia.
Dr Agus Eko Nugroho, Peneliti P2E – LIPI, memaparkan pengamatannya pada prospek perekonomian Indonesia 2010. Dalam paparannya, Agus menilai perekonomian Indonesia 2010 cukup menjanjikan. Kesimpulan ini diambil Agus karena dilihat dan kemampuan Indonesia bertahan dari hantaman badai krisis. “Badai krisis membuat kita optimis menghadapi 2010 sehingga saya perkirakan pertumbuhan ekonomi bisa menembus hingga 5,9 persen, lebih tinggi dari RAPBN yakni 5.5 persen. Selain itu, harga minyak juga cenderung akan meningkat karena pengaruh kebangkitan negara-negara maju kata dia.
Sedangkan pada tahun 2011 ini bukti utama untuk mengatakan bahwa perekonomian Indonesia mengalami kemajuan adalah
Rp. 8.866,00 untuk setiap USD 1,00
Ya, nilai tukar rupiah terhadap USD dollar. Beberapa waktu kebelakang nilai tukar rupiah mencapai Rp. 10.000 hal ini tentu merupakan hal positif bagi Indonesia.

Kita tentu berharap perekonomian Indonesia akan lebih maju dari saat ini, memang bukan hal yang mudah melakukan itu semua. Namun, hal tersebut juga bekan merupakan hal yang mustahil bagi Indonesia.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: